PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

*BAHAYA PADA CAT KUKU*

*BAHAYA PADA CAT KUKU*

Perlu di perhatikan bahwa melakukan pengecatan pada kuku memakai kutek itu tidak sehat dan memunculkan banyak masalah dan bahaya pada kesehatan kuku terutama bagi wanita. Meskipun menghias kuku bisa memberikan tampilan menarik karena penuh warna warni namun seringkali kuku menjadi kering, panas, dan kekuning-kuningan.

Perlu diketahui bahwa cat kuku mengandung bahan kimia layaknya sebuah cat dan tentu saja menjadi semacam racun yang didistribusikan ke dalam tubuh melalui pori-pori kuku. Kuku mempunyai pori-pori yang dapat meresapkan cat kuku kedalam jaringan kuku. Hal ini bisa mengancam kesehatan sel-sel epidermis yang ada pada kuku.

Dalam beberapa kasus dan laporan pengguna cat kuku atau kutek, merasakan kuku menjadi panas, kusam dan keriput. Anda tidak ingin kan, kuku yang awalnya bening indah alami menjadi kusam dan keriput hanya karena ingin tampil cantik dengan memakai kutek. Noda kekuningan yang Anda lihat pada kuku umumnya berasal dari noda cat kuku yang menumpuk di pori-pori kuku. Selain pigmen yang memberikan warna, cat kuku berisi nitroselulosa, pengencer atau etil asetat dan resin. Ada pula cat kuku yang menambahkan bahan kimia lain seperti stabilizer agar warna tidak cepat pudar. Bahan-bahan kimia tersebut dapat meracuni tubuh dan menjadikan kuku tidak sehat. Belum lagi masalah aroma cat kuku yang mengganggu pernafasan sekitar.

Bagaimana? Pemakaian kutek atau cat kuku harus diperhatikan kandungannya agar dampak tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh dapat dicegah. Bagi yang ingin mewarnai kuku coba diperhatikan kandungan bahan kimia , produksi, jangan terpancing karena harga murah atau warnanya bagus.
Tag : lain-lain
3 Komentar untuk "*BAHAYA PADA CAT KUKU*"

Back To Top