PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

Contoh TEKS RENUNGAN



TEKS RENUNGAN 

Saat ini tidak ada yang tahu apa yang aku pikirkan dan rasakan
Hanya aku dan tuhankulah yang tahu apa isi hatiku,serta apa yang aku rencanakan

Aku akan memulai perjalanan ini dari seorang anak manusia
Yang tercipta dari setetes air hina
Yang terlahir tanpa daya,tanpa kuasa, serta tak satupun menyertainya
Selain curahan darah bunda yang bertarung pertaruhkan nyawa
Pantaskan aku melupakan asal-usulku??
Kemudian berdiri pongah, dengan setitik kuasa hendak menentang keberadaannya

Alam ini, dengan segala keteraturannya
Seluruh mahluk yang ada di bumi ini, dengan segala gerak-geriknya
Tak Satupun yang luput dari perhatian dan genggamanNya
Masih kurangkah bukti bagiku untuk keberadaan dan kuasaNya??
Pantaskah bagiku  untuk menentang KuasaNya??
Kemudian berkata bahwa semua berjalan dengan sendirinya
Tanpa campur tangan kodrat dan irodratNya

Selama ini........mungkin aku hanya berfikir tentang diriku sendiri
Selama ini.........mungkin aku hanya berfikir tentang keinginanku sendiri
Pernahkah aku berpikir, bahwa disekitarku banyak yang menanti kehadiranku
Alam yang  merintih karena ulah tangan yang tak punya rasa
Sesamaku yang menderita
Pernahkah aku menoleh kepada mereka?
Sekedar kuangi beban  mereka
Jika mungkin tuntaskan mereka dari derita

Selama ini.....
Sudahkah aku mempunyai keberanian
Untuk mengakui segala Kesalahan dan kekuranganku?
Ataukah, aku selalu berkambing hitam kepada orang lain?
Jika kemudian, ternyata aku tak lebih dari seorang pengecut
Pantaskah Bagiku, Untuk menyatakan diri sebagai seorang ksatria?

Cobaan bagi seorang pramuka, adalah sebuah tangga untuk mencapai taraf  manusia sejati
Ketabahan bagi seorang  pramuka, adalah tiang penyangga yang tak boleh patah
Tabah berarti tetap berpijak kepada kebenaran
Meski Jutaan godaan menggoda, Apakah aku orang yang Tabah

Tanggung  jawab bagi  ksatria adalah tanggung  jawab yang  mulia
Tanggung  jawab atas segala tindakannya
Tanggung  jawab atas  masa depannya
Tanggung  jawab atas keluarganya
Tanggung jawab atas bangsanya
Apakah aku orang yang memiliki rasa tanggungjawab?
Apa yang telah aku lakukan untuk mewujudkan tanggung jawabku?
Apakah tindakanku selama ini dapat dipertangggungjawabkan?

Keberanian bagi seorang pramuka
Adalah keberanian berpijak pada kebenaran
Keberanian yang  lemah  dan  teraniaya
Keberanian  mengakui kelemahannya
Keberanian untuk mempertanggungjawabkan tindakannya
Apakah aku seorang yang berani?
Bakti bagi seorang ksatria adalah pengabdian tanpa pamrih
Ketulusan  yang tak ternoda oleh kemunafikan
Apakah aku orang yang berbakti?
Berbakti kepada tuhan?
Berbakti kepada orang tua?
Berbakti kepada nusa dan bangsa?
Berbakti kepada sesama?

Seorang Ksatria,bekerja bukan karena atasan
Bukan Karena upah dan pujian
Tetapi...........dia bekerja karena panggilan jiwa dan hati nuraninya
Jika demikian, maka dia  adalah  orang  yang  merdeka?
Apakah  aku orang yang merdeka??
Yang dapat melepaskan segala pamrih atas apa yang dilakukan

Kesucian bagi pramuka adalah kejernihan hati, pandangan dan cara berpikir
Yang  mampu  menembus ruang dan waktu
Yang mampu menembus  kekuasaan  sang  pemegang  sukma

Sucikah pikiranku,hatiku,perkataan dan perbuatanku??

Sekarang aku semakin tahu akan diriku,
Dengan menyebut asmaNya
Maka mulai saat ini aku akan.................(jawablah dalam hatimu)



Tag : lain-lain
1 Komentar untuk "Contoh TEKS RENUNGAN "

BW Gan.... :D
Pagi2 bacanya renungan

Admin,
Kokobeluk.com

Back To Top