PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

Di mana Letak Galaksi Bima Sakti di Alam Semesta?

Di mana Letak Galaksi Bima Sakti di Alam Semesta?


Apakah kalian tahu di mana galaksi kita terletak? Galaksi Bima Sakti adalah salah satu dari beberapa lusin galaksi yang dikenal sebagai Grup Lokal Galaksi.

Para astronom telah menemukan bahwa letak Grup Lokal Galaksi kita adalah di pinggiran gugus raksasa yang terdiri dari beberapa ribu galaksi, yang disebut Gugus Virgo.

Kita juga tahu bahwa Gugus Super Virgo (Virgo SC) atau Local supercluster/Gugus Super Lokal (LSC atau GSL) adalah gugus super tidak teratur yang berisi Gugus Virgo, sementara Gugus Virgo berisi Grup Lokal Galaksi, dan Grup Lokal Galaksi berisi galaksi Bima Sakti, Andromeda dsb.

Setidaknya 100 kelompok galaksi dan gugus galaksi terletak di dalam Gugus Super Virgo. Diameter Gugus Super Virgo ini diperkirakan sekitar 110 juta tahun cahaya. (1 tahun cahaya=9,4 triliun km)

Inti letaknya: Matahari >> Bima Sakti >> Grup Lokal Galaksi >> Gugus Virgo >> Gugus Super Virgo.

Namun Gugus Super Virgo hanyalah salah satu dari jutaan gugus super di alam semesta yang teramati.

Untuk pengetahuan kita saat ini, tidak ada pusat alam semesta dan alam semesta tidak punya ujung. Jadi, di luar Grup Lokal Galaksi kita, Gugus Virgo dan Gugus Super Virgo, akan sangat sulit menggambarkan lokasi relatif galaksi kita untuk setiap titik acuan khusus atau tetap di ruang angkasa yang maha luas ini.
0 Komentar untuk "Di mana Letak Galaksi Bima Sakti di Alam Semesta?"

Back To Top