PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

Essay Singkat Tentang Energi Terbarukan



Bioethenol Sebagai Pengganti Bensin
            Peningkatan jumlah kendaraan di Indonesia mengakibatkan meningkat pula jumlah penggunaan bahan bakar, khususnya bensin dan solar. Namun itu semua tidak lantas diimbangi dengan perluasan area hijau. Kurangnya kepedulian masyarakat terhadap dampak buruk dari penggunaan bahan bakar fosil yang berlebih telah menjadikan lingkungan tercemar. Pencemaran itu diantaranya adalah pencemaran udara yang bisa mengakibatkan berkurangnya jumlah oksigen bahkan sampai penipisan lapisan ozon dan hujan asam.
            Bahan bakar fosil merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sehingga penggunaan yang berlebih akan mengakibatkan jumlah ketersediaan bahan bakar fosil di alam lebih cepat habis. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita diharuskan mampu menemukan dan menciptakan bahan bakar alternative yang mampu berperan menggantikan bahan bakar fosil dan ramah lingkungan. Salah satu contoh bahan bakar alternative yang bisa menggantikan peran bahan bakar fosil adalah bioethanol.
            Bioethenol adalah salah satu bentuk energy terbaharui yang dapat diproduksi dari tumbuhan. Bioethenol dapat dibuat dari tanaman-tanaman yang mengandung pati atau gula, seperti tebu, kentang, singkong, dan jagung. Bioethanol dapat dihasilkan dari proses fermentasi gula dari sumber karbohidrat dengan menggunakan bantuan mikroorganisme. Jika bioethanol ingin digunakan sebagai bahan bakar, maka sebagian besar kandungan airnya harus dihilangkan dengan cara distilasi untuk mendapatkan tingkat kemurnian 95-96%.
            Bioethenol adalah energy masa depan untuk bahan bakar bensin yang sangat aman digunakan. Cukup 10% bioethenodari bahan bakar Anda, makaBBM premium Anda akan menjadi bensin Super Plus 98 dan dapatkan hasil yang lebih hemat dan bertenaga. Kelebihan lain dari bioethanol adalah sebagai berikut :
-          Pembakaran lebih sempurna, gas buang menjadi sangat bersih
-          Tarikan lebih spontan dan ringan
-          Mesin halus, aman untuk mesin dan katalisator
-          Irit bahan bakar sampai dengan 20%
-          Memperpanjang usia mesin
-          Melindungi lingkungan
-          Bebas timbal
-          Aman untuk lingkungan
-          Menambah kemampuan jarak tempuh kendaraan 20% lebih jauh dari sebelumnya
-          Angka oktan 117
-          Menghilangkan gelitik mesin
-          Meminimalisasi kerak-kerak diruang bakar
Sudah saatnya kita peduli terhadap lingkungan dan kesehatan kita dengan mengurangi penggunaan bahan bakae fosil dengan beralih menggunakan bahan bakar alternative seperti bioethanol.dengan kita menggunakan bioethanol, lingkungan akan terjaga karena dapat mengurangi emisi gas monoksida serta asap dan partikel yang dikeluarkan pun lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Bioethanol tidak hanya berguna sebagai bahan pengganti bensin dan solar tetapi juga bisa digunakan sebagai pengganti minyak tanah dan gas untuk memasak.





DAFTAR PUSTAKA


0 Komentar untuk "Essay Singkat Tentang Energi Terbarukan"

Back To Top