PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

PEPER TENTANG TRAGEDI DI MINA 2015



Bab 1 Pendahuluan
Latar Belakang
Sekelompok jemaah Iran yang baru saja datang dari Muzdalifah itu malah langsung bergerak ke Jamarat untuk melaksanakan ritual lempar jumrah pada Kamis (24/9/2015).Padahal jemaah Iran sudah dijadwalkan untuk kembali ke tenda mereka dan beristirahat terlebih dahulu, sebelum mengambil giliran mereka untuk lempar jumrah.Namun, bukannya berjalan ke lokasi tenda jemaah dan menunggu di sana, mereka malah membawa barang bawaan mereka ke Jamarat, berlawanan arah dengan arus jemaah lain yang saat itu sedang melintas di Jalur 204.Dikatakan, saat itu seharusnya justru giliran jemaah Turki untuk berangkat ke Jamarat.ada sejumlah kamera pengawas di Jamarat yang hasil cuplikan rekaman videonya memperlihatkan detail insiden dan mengonfirmasi bahwa rombongan jemaah Iran memang bergerak melawan arah.Otoritas Arab memang sudah membuat pengaturan tersendiri untuk kegiatan haji tahun ini, satu di antaranya adalah membuat jadwal giliran untuk rombongan jemaah haji dari tiap negara.
Bab 2 Pembahasan
            Dalam proses penyelidikan tragedi Mina 2015, sejumlah saksi mata di lokasi mengatakan, bahwa insiden diawali dengan terburu-burunya para jamaah haji dari Iran untuk melewati dan menerobos rute jamaah lainnya sambil mengampanyekan ide revolusi Iran. Mereka menolak diatur saat diminta kembali ke rute yang sudah ditentukan.Pejabat Keamanan di Saudi mengatakan, penyebab insiden Mina disebabkan jamaah haji dari Iran tidak mengikuti rute yang sudah ditentukan pemerintah Saudi. Ini selalu terjadi setiap tahun.“Jamaah dari Iran tidak mendengarkan dan mengabaikan instruksi kemudian bentrok dengan kami dan meneriakkan slogan-slogan revolusi sebelum terjadinya insiden,” ungkap seorang pejabat keamanan Saudi sebagaimana dikutip Sabq.org, Jumat (25/9/2015).Para saksi mata mengungkap bahwa, mereka sering menyaksikan jamaah haji dari Iran mempropagandakan apa yang mereka sebut sebagai “Revolusi Islam” kepada jamaah haji dari negara lain. “Mereka juga kerap mengambil keuntungan dengan memprovokasi jamaah agar bentrok (terjadi) antarjamaah dan pasukan keamanan Saudi.”Sementara Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdallahaan, menegaskan, bahwa pemerintah Saudi harus bertanggungjawab atas kecelakaan ini. Dia mengatakan, Kementerian Luar Negeri Iran akan memanggil resmi Dubes di Arab Saudi di Teheran untuk menyampaikan protes Iran dan meminta penjelasan yang diperlukan tentang penyebab insiden, demikian lansir Salam-Online, Jum’at (25/9).Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 90 jamaah haji Iran meninggal dan lebih dari 60 lainnya terluka akibat insiden tersebut.


Bab 3 Kesimpulan Dan Saran
3.1 Kesimpulan
Melihat dari penyebab terjadinya tragedy di Mina, semua itu terjadi akibat tidak tertibnya jamaah yang telah menjalankan rangkaian ibadah haji yaitu lempar Jumroh. Serta tidak menutup kemungkinan itu semua terjadi juga akibat tidak sigapnya para penjaga ketertiban ibadah haji tahun 2015 yang disini adalah pihak Kepolisian Arab Saudi.
3.2 Saran
Saran untuk para ibadah haji
-          Seharusnya para jamaah ibadah haji lebih tertib dan menaati peraturan yang telah dibuat dan ditetapkan oleh Pemerintah arab Saudi yang disini sebagai pihak penyelenggara Ibadah haji.
Saran untuk Pemerintah Arab Saudi
-          Pemerintah seharusnya membuat peraturan yang lebih ketat lagi yang diimbangi dengan pengawasan yang maksimal dari pihak Keamanan Ibadah Haji

LAMPIRAN




0 Komentar untuk "PEPER TENTANG TRAGEDI DI MINA 2015"

Back To Top