PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

Samudra Ilmu : Pengenalan Visual Studio 2012 (Lanjutan 2)

Komponen IDE Visual Basic .NET

1. Menu Bar
    Menampilkan daftar menu yang berisi perintah-perintah yang dapat digunakan saat bekerja pada Visual Basic .NET. Terdiri dari menu File, Edit, View, Project, Build, Debug, Team, SQL, Format, Tools, Test, Architecture, Analyze, Window, dan Help.
Tampilan Menu Bar pada Visual Studio 2012

2. Toolbar
    Digunakan untuk mempercepat akses perintah yang sering dipakai. Secara default, toolbar jenis standar yang akan ditampilkan saat Visual Basic .NET dijalankan. Toolbar-toolbar lain dapat ditampilkan dengan menggunakan pilihan toolbar pada menu View.
    Untuk menjalankan program, dibutuhkan compiler yang berfungsi untuk membaca bahasa program (source code), lalu jika tidak ada kesalahan, diterjemahkan kedalam bahasa objek (Object code) sehingga program dapat dijalankan. Untuk mengkompilasi suatu program dapat dilakukan dengan memilih menu Debug, lalu Start Debug, atau menekan tombol F5 pada keyboard.
Tampilan Toolbar pada Visual Studio 2012

3. Toolbox
    Merupakan sebuah dialog yang berisi komponen atau kontrol yang akan digunakan dalam mendesain sebuah form. Selain komponen/kontrol yang sudah ada, juga bisa ditambahkan komponen lain yang dibutuhkan dalam program kita.
Tampilan Toolbox pada Visual Studio 2012

4. Form
    Merupakan bahan untuk pembuatan window. Kontrol diletakkan pada form. Pada form tersedia tombol minimize, restore, dan close yang ketiganya terletak di pojok kanan atas. Ukuran form bisa diubah dengan drag dan drop tiga titik di sebelah kanan, bawah dan pojok kanan bawah. Jika drag ke arah luar akan memperbesr, dan sebaliknya akan memperkecil. Untuk mengaktifkan form ada 3 cara, yaitu :
a. Klik tombol View Object pada Window Project
b. Dari menu View, klik perintah Object
c. Tekan tombol Shift + F7 pada keyboard
 Tampilan Form pada Visual Studio 2012

5. Windows Properties
     Window ini bertugas mentiapkan segala properti dari objek yang diperlukan dalam pereancangan user interface maupun pemrograman. Pada window ini terdapat semua properti yang dimiliki objek secara terpilih (cara memilih objek adalah klik objek langsung pada diagram di project explorer atau klik langsung pada objeknya)
    Pada window ini terdapat dua tab yang menampilkan properti dalam dua cara sesuai dengan nama tab, yaitu tab Alphabet (diurutkan berdasarkan abjad, ini merupakan pilihan default) dan tab Categories (diurutkan berdasarkan fungsinya). Masing-masing properti memiliki nilainya masing-masing sesuai yang telah disediakan Visual Basic, atau kita isikan sesuai dengan kebutuhan.
Cara menampilkan window ini :
a. Dari menu View pilihlah Properties Window
b. Tekan tombol F4 pada keyboard
Tampilan Windows Properties pada Visual Studio 2012

6. Project Explorer
    Project Explorer berfungsi berbagai saran pengakses bagian-bagian pembentuk project. Pada window ini terdapat 3 tombol pengaktif yaitu, Windows Code, Windows Object, dan Toogle Folder. Juga terdapat diagram yang menampilkan susunan folder penyimpanan file-file project.
   Secara default, window ini menempati dock-nya sendiri, yaitu di sebelah kanan atas. Namun kita dapat membuatnya mengambang keluar dock dengan cara mengklik atau drag keluar judul window ini. Untuk menampilkan window ini, caranya adalah :
a. Dari menu View pilihlah Project Explorer
b. Tekan tombol Ctrl + R pada keyboard
Tampilan Project (Solution) Explorer pada Visual Studio 2012

0 Komentar untuk "Samudra Ilmu : Pengenalan Visual Studio 2012 (Lanjutan 2)"

Back To Top