PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

Samudra Ilmu : ALUR SIKLUS MAKRO EKONOMI



ALUR SIKLUS MAKRO EKONOMI
Berikut ini adalah alur siklus dari makro ekonomi:

Gambar 1. Siklus makro ekonomi

Penjelasan :

1.     Pengeluaran konsumsi oleh rumah tangga. : Biaya atau upaya yang dikeluarkan oleh Rumah tangga untuk kebutuhannya. Berupa barang dan jasa yang di produksi/ dihasilkan oleh perusahaan/badan usaha.
2.      Belanja barang dan jasa oleh rumah tangga maupun pemerintah. : barang dan jasa yang di produksi oleh perusahaan akan di gunakan untuk memenuhi kebutuhan dari tiap individu / rumah tangga, dan pemerintahan.
3.      Fasilitas, jasa, kebijakan, dan  bantuan dari pemerintah untuk rumah tangga dan perusahaan. : pemerintah menyediakan fasilitas berupa jalan, infrastruktur , bantuan, dll untuk menunjang aktifitas ekonomi dari rumah tangga dan perusahaan.
4.      Pajak oleh rumah tangga dan peruhahaan untuk pemerintah. : pempayaran pajak oleh tangga dan peruhahaan sebagai balasan atas fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah.
5.      Faktor-faktor produksi berupa sumberdaya manusia oleh rumah tangga kepada perusahaan, dan pemerintah : Rumah tangga menyediakan sumberdaya manusia sebagai sebagai tenaga kerja untuk perusahaan dan pemerintah.
6.      Kebijakan pemerintah untuk faktor produksi. : kebijakan pemerintah atas sumberdaya alam, sumberdaya manusia, dan lain-lain. Seperti izin mengeksploitasi alam untuk perusahaan, kebijakan jumlah pegawai, dll.
7.      Investasi oleh perusahaan. : perusahaan melakukan investasi dengan ikut menenamkan modal di pasar saham.
8.      Investasi terhadap perusahaan. : pemodal menginvestasikan modal untuk perusahaan, agar dapat membantu perkembangan usahanya.
9.      Lembaga  keuangan sebagai penyedia uang kartal dan giral. : lembaga keuangan seperti Bank, akan menyediakan / menyuplay kebutuhan akan uang kartal dan uang giral.
10.  Rumah tangga menabung / berinvestasi. : rumah tangga akan menabungkan/ menginvestasikan sebagian uang ,dan penghasilannya kepada lembaga keuangan atau pasar saham.
11.  Rumah tangga mengimport barang dan jasa dari luar negri.
12.  Perusahaan mengekspor barang dan jasa ke luar negri. : perusahaan dalam negri akan mengirimkan hasil produksinya ke luar negri untuk memenuhi kebutuhan pihak luar negri.
13.  Suplly dana ke luar negri.: pemodal dari dalam negri menginvestasikan modal ke perusahaan luar negri untuk bekerja sama mencari profit.
14.  Suplly dana ke dalam negri. : pemodal dari luar negri menginvestasikan modal ke perusahaan dalam negri untuk bekerja sama mencari profit.

0 Komentar untuk "Samudra Ilmu : ALUR SIKLUS MAKRO EKONOMI"

Back To Top