PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

Jepang Yang Cinta Kebersihan Luar Angkasa

HANYA JEPANG YANG PEDULI KEBERSIHAN LUAR ANGKASA



Seiring dengan keadaan tersebut, baru-baru ini Jepang diketahui ingin membuat perubahan dengan membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sana. Melalui JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency), pihaknya akan membuat sampah-sampah itu hilang dengan berbekal magnet, seperti yang dilansir Ubergizmo (17/1).

Bekerjasama dengan Universitas Kagawa, JAXA akan membuat perangkat satelit yang memiliki kawat sepanjang 300meter dan mengandung medan magnet. Sehingga sampah-sampah ruang angkasa tersebut akan tertarik dan menempel.

Selanjutnya, mereka ingin mengembangkan dengan lebih besar lagi, yaitu dengan media sepanjang 1km dan memiliki lebar 30cm bahan magnet. Dengan begitu, akan lebih banyak sampah yang menempel. Langkah berikutnya, sampah tersebut akan dilepaskan di atsmosfer bumi, sehingga diharapkan akan terbakar.

Namun ini masih dalam perencanaan saja. Lantas kapan realisasinya? Jepang menjawab bahwa itu akan mulai dilakukan pada tahun 2019 mendatang.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa di luar angkasa saat ini sudah banyak sampah-sampah yang beterbangan tanpa arah. Sebagian besar dari sampah tersebut berasal dari puing-puing dari misi ruang angkasa sebelumnya.
0 Komentar untuk "Jepang Yang Cinta Kebersihan Luar Angkasa"

Back To Top