PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

Menanti Langkah Cerdik SBY

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Muhammad Budyatna menilai langkah Ketua Umum Partai Demokrat,Susilo Bambang Yudhoyono untuk melanjutkan konvensi capres adalah langkah cerdik dan strategis yang bisa melindungi kepentingan pribadinya.
Dengan melanjutkan konvensi capres, ujarnya, SBY bisa sambil menyelam minum air.  "Kalau saya melihatnya Ini langkah yang cerdas, cerdik dan strategis yang hanya bisa dilakukan oleh seorang ahli strategi macam SBY. Dengan keputusannya melanjutkan konvensi dia bisa menyelam sambil minum air,” ujar Budyatna ketika dihubungi wartawan, Senin (21/4/2014).
Dengan meneruskan konvensi, lanjutnya, bisa saja calon yang akan diusung menjadi alternatif pilihan bagi partai politik untuk kembali bergabung dengan Partai Demokrat. Namun disisi lain, juga bisa dilihat, SBY tidak berpihak kepada capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto atau kepada capres PDIP, Joko Widodo.
“Kalau konvensi mulus, apalagi capresnya bisa menang, maka posisi SBY aman pasca tidak lagi menjadi presiden. Tapi dengan tidak berpihak, SBY juga mengamankan dirinya. Kalau  dia berpihak pada Jokowi dan ternyata Prabowo yang menang, maka bisa saja isu tentang berbagai kasus selama ini dibongkar oleh Jokowi.Begitu juga sebaliknya, paling tidak isu kasus itu nanti bisa diminimalisir dampaknya,” tambahnya.
SBY menurutnya lagi, memang pada awalnya seperti mau berpihak pada Prabowo atau tepatnya  sebelum pileg dilaksanakan yang bisa dilihat dari pernyataan-pernyataan tokoh-tokoh PD dan Gerindra.
Namun nampaknya, imbuhnya lagi, dukungan pada Gerindra dan Prabowo urung dilakukan karena ternyata Gerindra tidak bisa meraih suara signifikan dan  masih  kalah dengan suara PDIP.
“Dukungan urung diberikan karena nampaknya  masih ada keraguan SBY demi melihat hasil pileg dimana Gerindra belum bisa mengalahkan PDIP. Makanya, SBY  justru terlihat sudah memuji-muji Jokowi dan PDIP. Dengan tidak berpihak, maka SBY bermain aman untuk dirinya pasca lengsernya dia,” imbuhnya.
Tag : berita
0 Komentar untuk "Menanti Langkah Cerdik SBY"

Back To Top