PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

Samudra Ilmu : Dasar Pemrograman

Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma. Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi, bisa dikatakan bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman.
   Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)
Bagaimanapun juga struktur data dan algoritma berhubungan sangat erat pada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, demikian sebaliknya.
2
Langkah-langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah dalam pemrograman dengan komputer adalah:
a. Definisikan masalah
Berikut adalah hal-hal yang harus diketahui dalam melakukan analisis terhadap suatu masalah:
 Kondisi awal (input) yang tersedia
 Kondisi akhir (output) yang tersedia
 Data lain yang tersedia
 Operator yang tersedia
 Syarat atau kendala yang harus dipenuhi
b. Membuat algoritma dan struktur cara penyelesaian
Jika masalahnya terlalu kompleks, maka dapat dibagi ke dalam modul-modul. Tahap penyusunan algoritma dapat dimulai dari langkah yang paling global terlebih dahulu. Langkah yang global ini diperhalus sampai menjadi langkah yang lebih rinci. Hingga setiap langkah sudah cukup rinci dan tepat, baru dapat dilaksanakan oleh pemroses.
c. Menulis program
Algoritma yang telah dibuat, ditranslasikan dengan bahasa pemrograman sehingga dapat menjadi sebuah program.
d. Mencari kesalahan
Setelah program dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mencari kesalahan yang ada, baik dalam sintaks (penulisan program) maupun kesalahan logika dan ketelitian.
e. Uji dan verifikasi program
Setelah program jadi, silahkan uji program tersebut dengan segala kemungkinan yang ada termasuk error handlingnya sehingga programntersebut layak dan handal digunakan. Apabila program tidak dapat berjalan, maka perlu diperbaiki penulisan sintaksisnya.
f. Dokumentasi program
Dokumentasi program ada dua macam, yaitu dokumentasi internal dan dokumentasi eksternal. Dokumentasi internal adalah dokumentasi yang dibuat dalam program, yaitu setiap kita menuliskan baris program, sebaiknya diberi komentar atau keterangan agar mempermudah kita dalam mengingat logika dalam instruksi tersebut. Dokumentasi eksternal adalah dokumentasi yang dilakukan dari luar program, yaitu membuat user guide (buku petunjuk aturan) atau cara menjalankan program tersebut.
g. Pemeliharaan program
Program yang sudah jadi harus dirawat untuk mencegah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi atau mungkin juga pengguna membutuhkan fasilitas baru yang dulu tidak ada.
0 Komentar untuk "Samudra Ilmu : Dasar Pemrograman"

Back To Top