PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

Samudra Ilmu : Pengenalan Visual Studio 2012

Visual Basic (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) yang lebih mudah digunakan, lebih portable (mudah diadaptasikan) antar platform, dan lebih abstrak. Hanya saja, program dalam bahasa tingkat tinggi tidak dapat langsung diterjemahkan oleh komputer, sehingga perlu diterjemahkan oleh sebuah translator bahasa yang disebut compiler ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi oleh CPU.
Visual Basic dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang dapat berjalan dalam sistem operasi Windows. Visual Basic menggunakan metode Graphical User Interface (GUI) dalam pembuatan program aplikasi (project). Istilah visual mengacu pada metode pembuatan tampilan program (interface), atau objek pemrograman yang dapat dilihat langsung oleh programmer.
Visual Basic.NET (atau VB.NET) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi .NET di platform Microsoft.NET. Tidak seperti generasi sebelumnya, Visual Basic versi 6.0 ke bawah yang lebih difokuskan untuk pengembangan aplikasi desktop, Visual Basic.NET memungkinkan para pengembang membangun bermacam aplikasi, baik desktop maupun aplikasi web. Seiring dengan perkembangan aplikasi  perangkat lunak yang semakin kompleks, saat ini Visual Basic.NET terbaru adalah Visual Basic 2012.
0 Komentar untuk "Samudra Ilmu : Pengenalan Visual Studio 2012"

Back To Top